Seperti halnya program-program lain dalam Windows Vista, Windows Media Center pun memiliki fungsi parental controls. Anda dapat menset WMC untuk memblok program atau film yang memiliki rating tidak sesuai bagi usia anak. Sehingga Anda bisa menentukan tayangan mana yang sesuai untuk usia mereka dan mana yang tidak.

Setting WMC Parental Controls
Langkah 1
Jalankan [Windows Media Center], kemudian pilih [Tasks] lalu [Settings].

Langkah 2
Pada menu [Settings] akan terdapat beberapa pilihan. Pilih [General].

Langkah 3
Pada layar [General] Anda dapat memilih [Parental Controls] pada urutan pertama.

Langkah 4

Sebelum melakukan setup parental controls dalam Windows Media Center, tentukan access code yang terdiri dari 4 digit angka. Anda diminta memasukkannya lagi sebagai konfirmasi. Jangan lupakan kode ini karena Anda harus memasukkannya setiap melakukan perubahan setup parental controls Windows Media Center.

Langkah 5
Selanjutnya Anda bisa langsung memberlakukan parental controls. Salah satunya adalah memblok siaran TV. Untuk melakukannya masuklah ke [Settings], [Parental Controls], lalu [TV Ratings].

Langkah 6
Beri tanda centang pada [Turn on TV blocking].

Langkah 7
Anda dapat melakukan setting lebih lanjut dengan mengklik [Advanced]. Atur setting maximum/minimum pada masing-masing kategori menggunaan tombol + atau –. Jangan lupa mengklik [Save] tiap kali perubahan setting dilakukan.

Langkah 8
Tidak hanya untuk acara TV, Anda pun bisa memberikan parental controls untuk file movie atau kepingan DVD movie yang akan diputar. Pilih [Settings], [Parental Controls], lalu [Movie/DVD Ratings]. Beri tanda centang pada checkbox [Turn on movie blocking] untuk mengaktifkan Movie/DVD Ratings dalam Windows Media Center. Penggunaannya sama dengan saat Anda memberikan rating pada TV Ratings sebelumnya. Jangan lupa untuk mengklik [Save] tiap kali Anda melakukan perubahan setting.